Agus Salim Edison

Sabtu, 18 Februari 2012

Memperbaiki Accu MF (Maintenance Free) / Aki Kering


Jangan Anda buang dulu aki kering yang sudah tidak dapat menyimpan listrik lagi atau 'soak', coba perbaiki sendiri dengan cara yang sangat mudah. Mari kita pelajari dulu tentang jenis aki serta reaksi kimia yang terjadi di dalamnya.

Aki adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.
Pada kendaraan secara umum aki berfungsi sebagai sumber energi listrik pada kendaraan, namun bila kita amati lebih detail maka fungsi aki adalah:
1. Saat mesin mati sebagai sumber energi untuk menghidupkan asessoris, penerangan, dsb.
2. Saat starter untuk mengidupkan sistem starter
3. Saat mesin hidup sebagai stabiliser suplai listrik pada kendaraan, dimana pada saat hidup energi listrik     bersumber dari alternator.

Aki terdiri dari beragam jenis:
1. aki basah konvensional. lebih familiar dengan sebutan aki basah
2. aki hybrid
3. aki kalsium
4. aki bebas perawatan/maintenance free (MF) / aki kering
5. aki sealed

Yang akan kita bahas adalah jenis aki MF. Aki jenis ini dikemas dalam desain khusus yang mampu menekan tingkat penguapan air aki. Uap aki yang terbentuk akan mengalami kondensasi sehingga dan kembali menjadi air murni yang menjaga level air aki selalu pada kondisi ideal. Aki jenis ini biasanya terbuat dari basis jenis aki hybrid maupun aki kalsium.yaitu selnya menggunakan materi kalsium.

Pada dasarnya antara beberapa jenis aki di atas adalah sama-sama menggunakan konsep reaksi kimia yaitu cairan elektrolit. Elektrolit aki merupakan campuran antara air suling (H2O) dengan asam sulfat (SO4), komposisi campuran adalah 64 % H2O dan dan 36 % SO4. Dari campuran tersebut diperoleh elektrolit aki dengan berat jenis 1,270.

Reaksi kimia pada aki 
Listrik dibangkitkan akibat reaksi kimia antara plat positif, elektrolit aki dan plat negativ. Saat aki dihubungkan dengan sumber listrik arus searah maka terjadi proses pengisian (charge). Proses tersebut secara kimia dapat dirumuskan sebagai berikut:

Plat (+) + Elektrolit + Plat (-) Plat (+) + Elektrolit + Plat (-) Pb SO4 + 2 H2O + PbSO4 PbO2 + 2H2SO4 + Pb


Saat pemakaian listrik maka energi listrik yang tersimpan di aki akan mengalir ke beban, proses ini sering disebut proses pengosongan (discharge). Proses pengosongan secara kimia dapat dirumuskan sebagai berikut:

Plat (+) + Elektrolit + Plat (-) Plat (+) + Elektrolit + Plat (-) Pb SO4 + 2H2SO4 + PbSO4 PbO2 + 2 H2O + Pb

Dari reaksi kimia tersebut terdapat perbedaan elektrolit aki saat kapasitas aki penuh dan kosong, dimana saat aki penuh elektrolit terdiri dari 2H2SO4, sedangkan saat kosong elektrolit aki adalah 2H2O.

Penyebab elektrolit cepat berkurang dapat disebabkan oleh overcharging, oleh karena itu bila berkurangnya elektrolit tidak wajar maka periksa dan setel arus pengisian. Pemeriksaan berat jenis elektrolit aki menggunakan alat hydrometer. Pemeriksaan berat jenis elektrolit aki merupakan salah satu metode untuk mengetahui kapasitas aki. Aki penuh pada suhu 20 ºC mempunyai Bj 1,27-1,28, dan aki kosong mempunyai Bj 1,100 -1,130.

Berat jenis elektrolit berubah sebesar 0,0007 setiap perubahan 1 ºC. Spesifikasi berat jenis normal ditentukan pada 20 ºC, oleh karena itu saat pengukuran temperature elektrolit harus diamati.
==========================================================================
Kembali ke topik utama yaitu memperbaiki aki kering.
Alat apa saja yang kita perlukan? 


pertama, tentu saja aki yang akan diperbaiki


 kedua, cairan elektrolit SO4 atau air zuur, jangan gunakan botol yang berlabel biru karena itu merupakan air suling atau air murni (H2O) yang digunakan sebagai cairan tambahan ketika air pada aki berada dibawah level terendah.

 Ketiga, obeng minus (-) untuk membuka bagian kap atau penutup atas pada aki.


Keempat, Suntikan

Keempat, (optional) Hydrometer untuk mengukur berat jenis elektrolit. Kalau tidak punya juga tidak masalah karena yang akan kita praktekan tidak memerlukan keakuratan tinggi.

Kelima, siapkan kain lap dan sabun untuk mencuci tangan ketika pekerjaan selesai, ingat cairan aki bersifat korosif dan gatal apabila terkena kulit
==========================================================================



Setelah alat tersedia mari kita praktekan
Langkah-langkahnya adalah:

1. Bongkar bagian penutup aki dengan cara menyongkel, terdapat lubang kecil yang fungsinya sebagai pernapasan congkel bagian yang itu



2. Terdapat 6 buah lubang (aki 12 Volt), dan 3 Lubang (aki 6 Volt) yang merupakan jalan untuk mengisi cairan elektrolit, lepas semua karet penutup kemudian isi dengan cairan elektrolit dengan cara menuangkan botol melalui selang yang telah terpasang atau bisa juga menggunakan suntikan. Yang saya gunakan adalah suntikan. Volume cairan elektrolit tergantung besar kecilnya aki, rata-rata 20-30ml untuk aki berkapasitas 5 - 7,5 Ampere. Kalau terlalu penuh keluarkan lagi dengan cara menyedot sebab kalau terlalu penuh akan tumpah ketika dilakukan charge.


3. Karet jangan dipasang dulu sebelum dicharge sampai terisi penuh tujuannya adalah untuk memastikan bahwa cairan tidak tumpah keluar. Jika sudah selesai di charge penuh maka pasang kembali karet penutup dan kap atas kalau perlu diberi double tape (isolasi bolak-balik) supaya kap atas kuat.


Setelah langkah-langkah diatas sudah selesai coba lakukan pengukuran dengan menggunakan voltmeter, atau bisa juga cukup mengetes dengan lampu kalau terang berarti berhasil.
Cukup mudah bukan?




Kebanyakan orang berpendapat bahwa aki kering tidak dapat diisi cairan elektrolit lagi, padahal sebetulnya bisa hanya saja lubang tertutup dengan rapi sehingga tidak terlihat.

Untuk aki jenis 'sealed' sama saja caranya, hanya saja membuka penutup relatif lebih susah karena memang sudah direkatkan dengan kuat oleh pabriknya.

NB: Tingkat keberhasilan tergantung kondisi aki


Semoga tips diatas bermanfaat bagi Anda.

Terima kasih.

Salam.



62 komentar:

  1. Gimana cara ngetes aki MF msh bs tertolong atau sdh gak ada harapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek berat jenis elektrolit pakai hydrometer, kalau dibawah 1,27 berarti air aki harus diganti atau cukup menambahkan air zuur. Mencari Hydrometer memang susah, jadi kalau nggak ada ya bisa dengan cara mengukur dengan voltmeter apabila setelah diganti air aki dan sudah di stroom tetap dibawah voltase standar (12V) kemungkinan besar aki sudah mengalami kerusakan elemen.

      Hapus
  2. Utk langkah no 2, apakah isi aki dikeluarkan dulu baru diisi air zuur yg baru, atau langsung ditambahkan?
    Lalu utk charge-nya pake arus & tegangan brp? Charge pake arus konstan atau mesti pake charger khusus yg otomatis? Brp lama ngecharge-nya?
    Krn sy pernah rakit charger utk battery tipe gelled, mnrt artikel di internet, stlh penuh LED akan nyala, tp sy pernah cb utk charge aki MF yg msh sehat, tp koq LEDnya gak nyala2 walau sdh dicharge semalaman. Apa pak Salim Edison punya saran rangkaian charger utk aki MF?
    Sorry, banyak nanya, maklum msh amatiran yg pingin tambah pinter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung dikeluarkan saja & ganti dengan air zuur.
      Charger aki punya saya buatan sendiri, model biasa yg nggak otomatis yang penting arus DC bagus. Saya pakai trafo 10A murni + dioda kiprok ditambah 2 x elco 8400pF dan hasilnya lumayan dengan output sekitar 13 volt. Maaf bang Khingcat saya nggak punya gambar rangkaian.
      Kalau saya amati arus ketika pengisian aki akan otomatis menyesuaikan kapasitas listrik yang ada di aki, dulu saya coba ukur di aki MF 7,5 Ampere start stroom mulai dari 1 Ampere dan terus berkurang berbanding terbalik dengan kapasitas listrik pada aki.
      Sekedar info, menurut referensi dari teman-teman untuk stroom aki sebaiknya jangan menggunakan arus listrik yang terlalu kuat, cukup dengan 10% dari kapasitas aki, bisa memperpanjang usia aki.
      Saya juga lagi belajar, dulu sempat buka 'penerimaan aki bekas & terima TT' lumayan buat tambah-tambah uang jajan anak, berhubung nggak sempat gara2 ngurus toko komputer kecil-kecilan ya begitu lah... hehehe...

      Hapus
  3. Trm kasih, pak Edison utk petunjuknya. Sy jg pernah dgr/bc klo charge aki gak perlu arus yg terlalu besar. Charger sy jg cm 2A dgn arus konstan. Terakhir cb bikin charger (dpt dr internet) yg ktnya otomatis turunkan arus stlh aki hampir terisi penuh. Tp sptnya gak bs utk aki MF, ato mgkn ada yg salah wkt sy rakit.
    Sy sdh lama cr cara perbaiki aki MF, tp br kli ini dpt tutorial yg lgkp & jelas.

    BalasHapus
  4. Pak Salim, utk charge aki MF sampai penuh perlu wkt kira2 brp lama? Sy sdh terapkan cr yg dijlskan & skrg sy sdg charge 2 aki MF, yg pertama sy charge dgn charger yg ada rangkaian otomatisnya (2A), sdh 8 jam lbh tp msh 11V (tegangan awalnya 8V). Satu lg sy charge dgn charger arus konstan (2A), sdh penuh (+/-12,7V) dlm wkt 8 jam. Skrg aki yg pertama sy ganti chargenya dgn charger yg konstan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan aki pertama memang sudah rusah elemennya bung..

      Hapus
  5. Sptnya begitu, bung Salim (sy bingung manggil apa, pak/bung Agus/Salim/Edison, he3x...), krn aki yg sdh terisi penuh br bbrp bln dipensiun, sdg yg sdh rusak ini sdh 2 thnan pensiun.
    Oya, sy pernah dengar dr seorg mekanik kalo ngecharge aki, akinya tdk boleh diletakkan di atas tanah/lantai. Bener gak sih itu?
    Kalau aki stlh dicharge tegangannya sdh kembali spt semula, apa blh lgsg dicopot & digunakan atau dibiarkan bbrp lama dulu br dicabut dr charger? Krn perlengkapan sy terbatas, tdk bs tahu apa kapasitasnya sdh bener2 penuh ato blm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awet tidaknya sebuah aki tergantung perawatan dan cara perlakuan hehee.. betul?
      Bisa juga begitu, karena suhu ideal pengisian listrik ke aki 20'C. Yang terpenting adalah jangan stroom aki di dalam ruangan tertutup atau kamar karena ada gas buang yang berbahaya kalau terhirup diatas ambang batas.
      Boleh-boleh saja aki yang selesai dicharge langsung dipakai.

      Sekedar info: Saya cari-cari info untuk ke depan peran aki akan terganti dengan 'ultra capacitor' yang mampu dicharge hingga 1 juta kali (15 tahun). Untuk lebih lengkap silakan kunjungi http://www.maxwell.com/ultracapacitors/
      Sudah diaplikasikan pada kendaraan di luar negeri.
      Semoga bisa membantu..

      Hapus
  6. Mr Edison saya mau tanya,klo sightglass pada aki cara kerjanya seperti apa ya...
    karna warnanya bisa berubah tergantung kondisi aki..
    mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sightglass cara kerjanya mirip dengan alat hidrometer yaitu berdasarkan hukum Archimedes, dimana hukum tersebut menyatakan bahwa sebuah benda yang dicelupkan ke dalam zat cair akan mendapat gaya ke atas seberat zat cair yang dipindahkan oleh benda itu. Sightglass biasanya terpasang pada aki jenis hybrid, pengembagan dari hidrometer. Dulu pernah saya coba lepas dan lihar ada bola kecil dengan warna merah dan hijau dan kalau dicelupan ke cairan elektrolit berbeda bola yang terlihat dari atas juga beda. cukup membantu karena hanya dengan berpatokan sightglass kita bisa mengecek kindisi aki apakau kurang elektrolit ataukah minta di charge.

      Hapus
  7. Mas aki kering itu belum tentu pakai accuzur, kalau aki biasa/timbal betul tapi bila nikel cadmium itu pakai potasium sulfat jadi pastikan dulu kalau ragu pakai tambahan air aqua saja itu aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya perbedaan mendasar yang membedakan aku basah dan aki kering adalah komposisi/bahan cell akinya, sehingga jenis sulfat juga menyesuaikan jenis akinya.
      Betul mas kalau masih ragu pakai air murni saja. Air mineral aqua memang bisa tapi masih belum murni H2O karena bukan air suling.

      Hapus
  8. kalo aki kering motor supra 125 di isi accuzur asam sulfat bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya coba bisa asalkan isi cairan dibuang terlebih dahulu.
      Asam sulfur memang sangat diperlukan dalam aki, tanpa asam itu aki tidak bisa terjadi reaksi kimia yang menghasilkan listrik. Yang perlu diperhatikan adalah komposisi campuran adalah 64 % H2O dan dan 36 % SO4. Dari campuran tersebut diperoleh elektrolit aki dengan berat jenis 1,270. Untuk mengeceknya gunakan Hidrometer.

      Berhubung mencari alat hidrometer memang susah, jadi cukup dengan indra ke enam 'ilmu kira-kira' hehehe..

      Hapus
  9. Pak salim kalo aki hybrid yg soak gimana ya? Udah dicuci,isi air aki baru trus dicharge masih tetap soak. Saya pake utk lampu dc 4 buah ukuran 20watt, ga ampe 1jam udah habis semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar memang kondisi cell yang sudah 'umurnya' sehingga penyimpanan listrik tidak maksimal. Kalau boleh tahu berapa ampere ya? soalnya kalau listrik aki habis dalam satu jam dengan beban 20 watt x 4 = 80 watt tinggal bagi lagi 12 volt untuk menghitung jumlah kuat arus (A) listrik yang dipakai, ketemu 6,7 A. Dari perhitungan sederhana itu aki yang Anda miliki kemampuannya setara dengan aki dengan kapasitas 6,7 Ah/12 Volt.

      Hapus
  10. Pak Salim, ini sy browse ada blog yg ngutip tutorial Anda: http://kakamui.blogspot.com/2012/08/j-angan-anda-buang-dulu-aki-kering-yang.html
    Apa sdh minta ijin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa, yang penting bisa berguna. Syukur2 bisa nyantumin sumbernya hehe..

      Hapus
  11. Pak salim, untuk ngecas aki terminal positfi ke kutub positif dan negatif ke negatif, tp kt guru kimia sy polaritas ketika charging harus dbalik jd positif aki dpt negati atau sebaliknya mohon penjelasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reaksi kimia yang terjadi pada saat pengecasan (charging) aki ialah : Pb SO4 + 2 H2 O + Pb SO4 Pb O2 + 2 H2 SO4 akhir dari proses recharging ini, plat positip kembali menjadi Pb O2 dan plat negatipnya Pb, sedangkan elektrolit kembali terbentuk menjadi H2 SO4.
      Kalau kutub positip charger dihubungkan ke negatif aki bisa overheat karena arus yang berlawanan dan menyebabkan aki rusak.

      Hapus
  12. Bang Salim. Terima kasih tutorialnya bagus sekali. Mudah2an barokah buat Bang Salim :-D

    Ane ada bbrp pertanyaan nih...

    1 Aki MF itu penuhnya brp volt sih? Apa sama dgn aki basah (14.4v) atau beda lagi?
    2 Ane charge Aki motor 12v 3,5Ah dgn voltage 12v dan diserikan dgn lampu 12v kecil. Test pk multitester arus yg masuk 0,07 A. Klw arus sgt kecil recommended ga ya?
    3 Saat Ane ukur voltage batre, tegangan selalu menunjukkan angka yg lbh kecil br sedikit demi sedikit naik. Awalnya 13,3v selang brp detik jd 14,4v. Nah, tegangan mana yg jd acuan?

    Sekian dulu pertanyaannya. Takut kebanyakan. Hehehe...

    Terima kasih Bang Salim :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Bang Ben

      Saya coba jawab sebisanya ya

      1. Sama saja yaitu antara 12,4 V s/d 13,7 V
      2. Kok waktu ngetes diserikan dengan lampu, nanti hasilnya pengukuran arus ke aki tidak akurat lagi. Pengisian aki sebenarnya hanya membutuhkan 10% dari kapasitas aki. Misalnya bang Ben charge aki 3,5Ah maka daya charger 0,35 A sudah cukup. Tapi kalau aki+lampu punya bang Ben cuma dialiri 0,07 A itu terlalu kecil, coba cek lagi chargernya.
      Banyak yang beranggapan kalau charge aki dengan ampere besar bagus untuk aki, katanya biar 'matang', seperti masak air saja hehe.. Padahal bisa memperpendek usia aki itu sendiri, biasanya ada gejala bodi aki sedikit menggelembung.
      3. Diukur ketika pengisian? Sudah pasti sedikit demi sedikit naik, untuk pengisian aki normal antara 14 volt - 14,5 volt berlangsung.

      Semoga berguna bang..

      Hapus
  13. Terima kasih Bang Salim atas jawabannya dan quick response nya. Mudah2an artikel ini berkah buat Bang Salim. Hehehe... Saya bantu sebar ya linknya. :-D

    2. Ya Bang sengaja diserikan biar arusnya ga terlalu besar. Soalnya adapter yg saya pakai 1A. Sdgkn Capacity Accu cm 3,5Ah. Aki bekas motor H*nda Rev*. Hehehe... Mgkn Ane hrs ganti lampu yg bebannya agak besar biar arusnya ga kekecilan. Tp klw arus yg terlalu kecil tdk mencederai accu nya, mgkn Ane continue kyk gini aja. Oia, Ane pk accu buat nyalain inverter klw mati lampu (Maksa bgt aki kecil gitu. Hahahaha). Waaa, pny Ane ga menggelembung Bang. Alhamdulillah. Masih petak.

    3. Ane ukur pas dlm keadaan tdk dicharge. Mgkn bisa jg multitesternya yg udah uzur. Soalnya udah 20 tahun. :-( Wah, rentangnya ga jauh ya. Klw Ane ukur dlm keadaan uncharged, biasanya 12,9v terus lama2 naik2 terus sampe 14,4v kadang 14,5v. Tp klw itu normal sih ya gpp. Ane mau kalibrasi jg dgn multitester lain. Takutnya multitester Ane yg udah ngawur.

    Regards.
    Ben. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama bang Ben, terima kasih sudah berkunjung..

      Hapus
  14. Mas salim, boleh tidak aki MF di cas menggunakan charger 5A, tapi bukan charger khusus aki MF, melainkan charger khusus aki basah

    BalasHapus
  15. bang salim mw tanya. Sy pernah lht satu charge dipke utk ngeces aki lbh dr satu aki scr bersamaan. Apkh tdk ada bhaya/mslh hal tsb?

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  17. ini setelah di edit dikitt... aki GS honda beat di cas ulang aki MF lhoo bukan DRY CELL....

    http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=FskJiI2v9KA

    BalasHapus
  18. pak salim apakah bisa perangkat charger yg ada dilampu emergency digunakan tuk mengecas aki kering/basah ? Terima kasih sebelumny.

    BalasHapus
  19. Pak ada yang saya tanyakan tentang aki kering mf motor honda beat :
    1. Berapa kapasitas air aki apa benar 20 ml ?
    2. Jika pengisian ulang air aki kering kurang dari 20 ml apa pengaruhnya pada aki ?
    3. Mencharge aki setelah diisi air aki zuur apa boleh menggunakan motor honda beat itu sendiri dengan cara menghisupkan mesinnya.
    beyonn@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pak asep yak, pertanyaannya sama, sy jawab ya
      1. kalo berdasarkan artikel pak salim 20 ML hinggal 15ML, tapi sy coba di shogun sy dengan aki yang sama GS MF, itu sy isi 10ML saja, waktu pake honda beat itu sy isi memang 20ML, tapi ketika ngecas.. pada BLEBER keluar air aki nya, tangan pada gatel, sy kira saya kebal air aki taunya enggak, di cuci pake sabun colek serebuan deh. hehehehe
      2. pengaruhnya??? saya gak bisa jawab, bukan orang tehnik tulen, fisika sy dapet nilai 5, biologi 4, kimia 3.7 , kalo ilmunya tukang aki di tangsel sih, kalo mau ngecas baru pake air zuur, karena air zuur bisa mengikat LISTRIK yang di aliri didalam AKI, gitu pak...
      3.ada mitos setelah di cas 6jam 10 jam ,di biarkan dulu botol terbuka tutup terbuka selama 4 jam, agar listrik dapat TERIKAT di cairan air zuur, tp untuk Beat sy langsung pasang tuh pak, tet GRENG juga. email sy aja ya. emailnya dibawah comen ini. hehehhehehe

      salam kenal all

      Hapus
  20. Pak ada yang saya tanyakan tentang aki kering mf motor honda beat :
    1. Berapa kapasitas air aki apa benar 20 ml ?
    2. Jika pengisian ulang air aki kering kurang dari 20 ml apa pengaruhnya pada aki ?
    3. Mencharge aki setelah diisi air aki zuur apa boleh menggunakan motor honda beat itu sendiri dengan cara menghidupkan mesinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh sori baru bales, lagi cari artikel batrai 9v eh ketemu disini lagi, jadi gini pak
      saya waktu itu ngecas aki gs honda beat mf ya, isi 20mili, kemudian aki shogun mf saya juga ngedrop,
      1. akhirnya belajar dari yang honda beat, saya hanya isi 10ML SAJA di aki MF Shogun saya, aki MF GS shogun saya dari 2008 lho baru ngedrop sekarang 2013, dengan di cas tegangan 13Volt, 6jam lamanya ini kita ngomongin Shogun ya...,
      2. air aki pakai botol merah Zuur, tiap lobang 10mL, ada 6lobang di GS MF 12V.
      3. kiprok shogun itu mengeluarkan tegangan 15volt, pernah sy ukur pake multitester, tp kan itu mesin berjalan dengan setelan gas tertentu, makanya ketika sy cas pakai casan saya yg di youtube itu, sy cas 13volt 6 jam, walau di AKI tertera 10jam max, standarnya 5jam. yaa daripada ngedrop ancur pakai 15volt, mending lama kyk siput 13volt tapi.... SHOGUN saya NGUACIRR LAGI, STATER pagi hari gak pake KICK lagi langsung TET-GRENG...
      4. email aja saya... yak., sy bales kok santai ajah di chandraproduction@gmail.com

      5.salam kenal pak asepjun...kalo ada tanya tanya , tanya ajah...
      6. sy ngecas shogun bulan Mei tgl 6 2013.
      7. aki shogun sy ngedrop krn udah hampir 6bulan Ngejagrag di rumah ortu, ortu enggak panas panasin jadi.... pas di sayang sayang lagi nih motor,baru di pake kursus dari tangsel ke jakarta sudirman SORE nya udah batuk2 aki nya. sy cas deh tuh tanggal 6 mei kemaren. gitu pak

      sori.. cerita nya aki jadi banyak pak.. hehehehe

      Hapus
  21. bang salim, mau tanya, kalau ngecasnya pakai trafo tegangan dc 18v, boleh tidak?

    BalasHapus
  22. permisi bung salim, apa aki mobil MF 60A bisa di charge dgn UPS yg biasa utk komputer, itu akinya type sama hanya 20AH gitu? betulkah bisa merusak rangkaian UPS nya? trims,yudi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk gan merusak..... sb ane pke ups + aki mobil tapi klo pke aki mobil ngisinya rada lama sb Ampernya kan beda sma aki asli ups... ane pke aki mobil+ups buat komputer... klo malem mati lampu ane pke ups buat lampu ruang tamu tpi pke lmpu watt yg kecil biar lama nyalahnya :)
      OH ya buat yg bru benerin Akinya jgn dicas lngsung ke UPS gk bakal bisa karna UPS gk bisa nyala klo aki posisi nya betul2 low... jadi klo aki 12voltnya charge dlu dimotor... sekitar 20 menit biar akinya ada isi.. trus bru colok deh diUPS...atw dicharge tmpat pngecasan....

      Hapus
  23. Mas Makasih Artikel Nya Saya Coba....!!!

    BalasHapus
  24. ada yang tau bengkel charge aki mf daerah jakarta/tangerang? sama gak dgn tmpt charge aki biasa/aki basah?
    trims

    BalasHapus
  25. makasih banyak untuk artikelnya n menambah wawasan buat saya n kebetulan kemaren sy baru beli charger accu nih..

    BalasHapus
  26. makasih mas salim ilmunya semoga tuhan YME membalas amal ibadahnya krn tlh membagi ilmu kepada teman teman

    BalasHapus
  27. Info yang bagus,terimakasih sudah share
    Sekalian nitip info tentang bagaimana menjadi konsumen yang baik dalam membeli keperluan kita di blog?

    BalasHapus
  28. Maaf apa ada solusi buat aki kering yang sudah drop?jika ada bagaimana?

    BalasHapus
  29. pak gimana caranya memasang boster pengisian aki pada motor saya honda kharisma 125D?

    BalasHapus
  30. senang bertukar informasi dan eksperimen di dunia otomotif terimakasih pak atas atensinya

    BalasHapus
  31. pak kalau Inverter apakah harus pakai accu?Bisa tidak di ganti batterai dan lain-lain

    BalasHapus
  32. Kalau bikin inverter pakai trafo yang (misalnya) 1A 220V.berarti daya maksimal yang dihasilkan inverter itu cuma 220 watt ya?

    BalasHapus
  33. Kalau dikabel colokan ada tulisan 6A, 250V itu artinya kekuatan kabel+colokan itu cuma 6A, 250V ya?

    BalasHapus
  34. Bisa kah instalasinya langsung digabung dengan instalasi pln yang sudah ada?

    BalasHapus
  35. Maaf untuk semua jawaban dan pertanyaannya. Pada prinsipnya beban itu di hitung A(ampere) . Sedangkan tegangan V( voltase). Bila aki di Charge pada tegangan diatasi ukuran yang disarankan akan mengakibatkan aki mengembang atau bisa dibilang soak, dan untuk ukuran ampere nya bebas asalkan jangan melebihi kapasitas yang disarankan. Kita ambil contoh untuk ukuran aki 12volt 7,5 ampere. Kita cas memakai trafo imput 250v 1A. Outputnya 18 volt 1 A., akan mengakibatkan aki tersebut ngebut., karena tidak sesuai tegangan aki,. Bila sebaliknya Outputnya 12 volt 4A akan membuat aki cepat mengisi. Biasanya untuk ukuran ups yang di pake adalah 14volt karena terdapat ic penstabil daya yang di keluarkan dan diterima circuit itu sendiri. Dan bila tegangan aki melebihi yang disarankan akan mengakibatkan short atau rusak pada ic tersebut. Untuk aki yang sudah mengembang.... Beli baru aja dah

    BalasHapus
  36. Dafuq! Kenapa di isi aki zuur bro. Itu cairan elektrolit ngga kemana2 kok, cuma kandungan airnya yg berkurang. Jadi jangan tambahkan aki zuur tapi air suling. Ntar setelah di charge, garam yg mengendap akan jadi asam lagi, akan normal lagi kadar elektrolitnya.

    Menyesatkan nih tips nya. :hammer:

    BalasHapus
  37. sepertinya banyak salah kaprah disini... saya akan beri sedikit penjelasan mengenai cara pengisian aki :
    cukup dengan 2A saja sudah bisa mengisi AKI, caranya gmn? agar mudah seri dengan Ampere meter regulator yang akan digunakan untuk mengisi AKI lalu atur tegangan sampai didapat arus = 2A BUKAN dengan melihat angka yang tertulis pada trafo/kemasan alat karena angka itu adalah nilai maksimum arus yg dapat diberikan oleh regulator/trafo. sedangkan nilai arus real akan mengikuti besaran tahanan dari beban atau besar tegangan dari regulator (I=V/R). atau kalau hanya ingin kira2 saja, gunakan tegangan output 12V pada trafo dan rangkaian penyearah gelombang penuh dengan kapasitor +/- 10.000uF menggunakan trafo 2A-5A sudah cukup (diharapkan tegangan output disekitar 14V).

    BalasHapus
  38. sekali lagi :
    (I) Ampere = Arus (A), R (Ohm) = Tahanan/beban, V (volt) = Tegangan.
    Berdasarkan rumus I= V/R
    Nilai I akan tergantung dari nilai R (beban/Aki), dan V (tegangan Regulator/charger). lalu parameter apa yg dapat diubah?
    jawabannya V (tegangan charger), naikan tegangan sampai didapat A (arus) yang dikehendaki. gunakan ampere meter untuk mengukur arus. (pasang seri !) sebaiknya gunakan ampere meter dengan maksimum pembacaan 10A.
    pemakaian stabilizer dengan IC LM317 dan transistor power 5A bisa digunakan sebagai penstabil arus agar didapat arus yang konstan, atau gunakan sebagai rangkaian penstabil tegangan agar didapat tegangan yang stabil.
    arus yang mengalir akan terus mengecil seiring dengan meningkatnya tagangan pada aki yang mulai terisi.

    terima kasih.
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  39. misi bang,mau tanya nih,klo charge buat laptop bisa dipakai/dimodifikasi buat ngecharge aki motor gak sih? ditunggu info balasannya,trmksh.

    BalasHapus
  40. tutorial sangat membantu, saya juga baru tau kalo aki MF bisa di bongkar, saya ada aki mobil soak, lumayan 40A, modal 9rb beli zuur, jajal deh, ngecasnya saya pakai charger digital (Accucel 810) yang bisa charge semua jenis batre, dari kondisi awal 10V, sekarang sudah terisi 6000mah (dengan arus input saya set di 4A). ntar mau dicoba discharge kalo sudah full. trus di charge lagi, bisa nyimpen berapa % :)

    BalasHapus
  41. mas edison , mau tanya , aki saya aki kering MF yuasa , gembung nih :( , masih bisa di perbaiki dengan cara diatas ga ya?

    BalasHapus
  42. Maaf ak gaptek mo nanya mas..
    prinsip charger aki sama ndak dengan adaptor...?
    Kalo aki di cas pake charher HP/smartphone bisa ndak?
    charger hp 5,1 volt 850mA..

    BalasHapus